Lomba Lari Humbang Hasundutan 10 KM


Doloksanggul (888)

             Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Humbang Hasundutan ke-14, tepatnya 28 Juli 2017 ini, panitia melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan lomba lari kategori umum 10 km, Rabu (19/7). Lomba lari yang diikuti 494 peserta itu dilepas Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dengan start dari Kompleks Tano Tubu menuju Desa Sihite Kecamatan Doloksanggul dan finish ke Kompleks Tano Tubu.

              Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora saat melepas peserta lomba mengatakan melalui pembinaan olahraga, maka secara otomatis telah membangun manusia seperti dalam ungkapan mensana incorpore sano artinya di dalam tubuh yang sehat  terdapat  jiwa yang sehat. Karena melalui olahragalah akan melahirkan pribadi yang berjiwa raga sehat dan manusia yang bermartabat sesuai dengan misi Kabupaten Humbang Hasundutan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam.

            Wakil Bupati Humbahas juga mengajak seluruh masyarakat Humbang Hasundutan khususnya tokoh masyarakat, pemerhati olahraga, KONI dan pengurus cabang olahraga terus berjuang menggiatkan dan mensosialisasikan olahraga. Sehingga Kabupaten Humbang Hasundutan melahirkan bibit atlet untuk mengikuti kejujuran-kejujuran yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Humbang Hasundutan di daerah lain.

               Kadis Kepemudaan dan Olahraga Drs JW Purba menjelaskan lomba lari 10 km ini digelar dalam rangka menyonsong dan memeriahkan hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan ke-14. Selain memeriahkan, olahraga juga perlu digalakkan di daerah Humbang Hasundutan untuk meningkatkan prestasi olahraga. Peserta lomba sebanyak 494 orang dengan perincian 392 putra dan 102 putri dari kategori umum. Jadi siapapun berhak mengikuti perlombaan ini. Buktinya, peserta ada dari Medan dan Tapanuli Utara.  Peserta yang paling muda atas nama Nove Simamora (13 tahun) dan tampil sebagai juara V putri. Paling tua atas nama Labesen Berutu (51 tahun) asal dari Dusun Bungus Kecamatan Parlilitan. Labesen Berutu berhasil kembali ke finish namun tak bisa meraih juara 10 besar. Peserta lomba juara 1-10 diberikan tropy dan uang pembinaan.

           Dalam perlombaan itu tampil sebagai juara I putra atas nama  Partogian Gultom, juara II Yosep Simamora, juara III Henri Simamora, juara IV Perdaus, juara V Rahmat Sihombing, juara VI Pasrah Lumbangaol, juara VII Berman Simarmata, juara VIII Heron Salomo Hutasoit, juara IX Jones Putra Purba dan juara X Bernando Purba. Putri, juara I Veronika Lumbantoruan, juara II Dertawan Hutasoit, juara III Silvia Manalu, juara IV Riama Purba, juara V Nove Simamora, juara VI Faola Manalu, juara VII Esrayanti, juara VIII Reno Purba, juara IX Enjeli Purba dan juara X Evi Simamora.

                Acara lomba itu ditutup Sekdakab Humbang Hasundutan Saul Situmorang SE MSi dan mengatakan selamat kepada sang juara tapi jangan terus berpuas diri. Karena peserta juara akan tampil ke tingkat Provinsi Sumut sebagai utusan Kabupaten Humbang Hasundutan. Kepada yang kalah, anggap itu sebuah kesuksesan yang tertunda. Teruslah berlatih, jangan putus asa karena kedepan masih bisa tampil dan mungkin akan menjadi juara. Kedepan, event seperti ini akan terus ditingkatkan. (Diskominfo-HH).