Lomba Paduan Suara Lansia Antar Kecamatan di Humbang Hasundutan


*Kecamatan Onanganjang Juara I

Doloksanggul-Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan, Dinas Sosial menggelar lomba paduan suara lansia antar kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (26/7) bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul. Lomba paduan suara itu dibuka Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan pelaksanaan perlombaan paduan suara lanjut usia (Lansia) yang dilaksanakan di Kabupaten  Humbang Hasundutan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2017, yang puncak perayaannya dilaksanakan tanggal 29 Juli 2017 ini.

                Lomba paduan suara ini sekaligus sebagai salah satu wujud bentuk pembinaan kepada para bapak/ibu orang tua (lansia) di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sehingga melalui perlombaan paduan suara lanjut usia tahun ini kiranya para orang tua dapat semakin bersemangat dan lebih percaya diri ditengah-tengah keluarga dan masyarakat.

                Saat ini, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan sedang mengkaji dan memproses pembentukan Lembaga Komisi Daerah Lansia (Komda Lansia) tingkat Kabupaten dan akan menerbitkan keputusan Bupati Humbang Hasundutan. Dana Komda Lansia akan ditampung di APBD Kabupaten Humbang Hasundutan.

                Dengan adanya lembaga Komda Lansia ini, diharapkan dapat memfasilitasi dan melakukan kegiatan-kegiatan penguat lembaga Komda disetiap kecamatan.  Bertujuan untuk peningkatan pemberdayaan lansia dan menampung aspirasi serta mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan. Sehingga lansia tetap dapat melaksanakan fungsi sosialnya dan berperan aktif secara wajar dalam hidup bermasyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan.

                Perlombaan ini bukanlah semata-mata untuk mencari siapa yang menjadi pemenang/juara tetapi tujuan yang terutama adalah agar semakin terjalinnya rasa kasih sayang diantara para lansia dan lebih lagi rasa cinta kepada Kabupaten Humbang Hasundutan.

                Sementara Ketua TP PKK Humbahas Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor mengatakan PKK merupakan mitra pemerintah yang berperan dalam pemberdayaan lanjut usia yang dituangkan dalam 10 (sepuluh) program pokok PKK. Maka melalui lomba  paduan suara lansia ini merupakan salah satu wujud dari pemberdayaan lansia yang bertujuan memberikaan kesempatan kepada Bapak/Ibu orang tua lansia untuk dapat berperan aktif ditengah-tengah masyarakat. Sehingga semakin memberikan semangat dan mengembangkan potensi diri pada masa tua.

                “Usia boleh bertambah dan kekuatan fisik boleh semakin  menurun, namun semangat orang tua kami lansia tetap terjaga dengan baik dan meningkat dan terbukti pada hari ini para orang tua kami lansia masih dapat mengikuti lomba paduan suara dengan antusias dan semangat yang tinggi. Melalui lomba paduan suara lansia diharapkan dapat menambah rasa persaudaraan dan menjalin silaturahmi diantara sesama para orang tua kami lansia. Serta dapat menambahkan semangat usia harapan hidup bapak/ibu, orang tua kami para lansia berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya dalam strata kemasyarakatan di Kabupaten Humbang Hasundutan” ucap Ketua TP PKK.

                Dikatakan lagi, adapun perlombaan paduan suara lanjut usia  tahun ini, dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2017.  Walaupun pada saat ini usia yang sudah lanjut, namun orang tua tampak masih tetap bersemangat untuk berpartisipasi menyumbangkan suaranya yang indah dalam rangka memeriahkan ulang tahun Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan semangat yang dimiliki bapak/ibu, orang tua kami lansia kiranya dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda, untuk berbuat lebih baik lagi demi tercapainya kemajuan ditengah-tengah seluruh masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

                Perlombaan paduan suara lansia dilakukan bukanlah semata-mata untuk mencari pemenangnya atau siapa yang terbaik tetapi tujuan utama adalah jalinan dan silahturahmi diantara orang tua kami lansia. Dengan demikian terjadi persatuan dan kesatuan bagi sesama lansia di Kabupaten Humbang Hasundutan. Untuk itu diharapkan siapapun yang menjadi pemenang/juara, biarlah menjadi kemenangan/kebanggaan kita bersama dan bagi kelompok yang belum berhasil agar tetap semangat dan mempersiapkan lebih baik lagi kemasa-masa yang akan datang.

                Kadis Sosial Paiman B Purba S.Sos melaporkan kontingen lomba paduan suara lansia 10 kelompok yang merupakan perwakilan setiap kecamatan. Lagu wajib yang diperlombakan yaitu Hymne Humbang Hasundutan dan lagu pilihan yaitu Anakhonhi Do, Sahat Rodinamatua Ho dan Tano Toba.  Panitia mengundang dewan juri yang sudah berpengalaman dalam seni yaitu Drs Roviol Panjaitan, Hizkia Silaban SPd dan Relina Siregar BA. Lomba ini dilaksanakan sebagai upaya pembinaan dan pemberdayaan kepada orangtua lansia. Memelihara dan menumbuhkan semangat kebersamaan serta percaya diri lansia yang bermanfaat menambah usia harapan hidup dimasa tua. Kemudian untuk mempererat persatuan dan kesatuan para orangtua lansia dan masyarakat di Humbang Hasundutan.  Semua peserta lomba akan tampil bersama-sama saat acara puncak HUT ke-14 yang dilaksanakan, Sabtu 29 Juli 2017 bertempat di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul.

                Sesuai dengan hasil keputusan juri, Kecamatan Onanganjang tampil sebagai juara I, Pakkat juara II dan Doloksanggul juara III. Harapan I Kecamatan Paranginan, harapan II Parlilitan dan harapan III Sijamapolang.  Kepada juara I,II dan III serta harapan I, II dan III diberikan piala tetap dan uang pembinaan. Piala bergilir juga diberikan kepada Kecamatan Onanganjang. Peserta yang belum tampil sebagai juara menerima uang pembinaan.Seluruh peserta lomba menerima oleh-oleh dari Ketua TP PKK Humbang Hasundutan berupa payung.

                Kegiatan lomba paduan suara itu ditutup secara resmi Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE dan dihadiri anggota DPRD Humbahas Moratua Gaja, Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Tiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Ny Betty Saul Situmorang, tokoh masyarakat antara lain RW Manalu, Mula Sihombing, Manat Silaban dan beberapa pimpinan SKPD.  Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan bahwa lansia dalam lomba paduan suara sudah memberikan yang terbaik, baik itu lagu pilihan dan lagu wajib. Pemkab Humbahas melalui Dinas Sosial akan melakukan langkah terbaik untuk menghargai para lansia. Karena pembangunan di Humbang Hasundutan ini tidak terlepas dukungan dan peran serta lansia. “Kiranya Tuhan memberkati kesehatan, panjar umur kepada orangtua kami lansia. Lansia harus senang dan heppy untuk tahun mendatang” tambah Bupati Humbahas. (Lamria/KKl/rhs/Diskominfo)