Tapal Batas Humbahas Dipertegas Permendagri


Tapal Batas Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kabupaten tetangga diperjelas dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Batas Humbang Hasundutan dengan beberapa kabupaten tetangga. Permendagri ini diserahkan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Drs. Eko Subowo SH, MBA kepada pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang diterima oleh Asisten Pemerintahan, Drs Tonny Sihombing, MIP didampingi Kabag Tata, Naek M.Sinambela, S. Sos di Grand Hatika Hotel, Belitung (5/10).

Drs. Tony Sihombing, MIP menjelaskan kepada media, ada empat Permendagri yang mempertegas tapal batas Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu Permendagri No 77 tahun 2016 tentang Batas Humbang dengan Kabupaten Tapanuli Tengah, Permendagri No 20 tahun 2017 tentang Batas Humbang dengan Tapanuli Utara, Permendagri no 21 tahun 2017 tentang Batas Humbang dengan Kabupaten Samosir dan Permendagri no 27 tentang Batas Humbang dengan Kabupaten Pakpak Bharat.

Dalam sambutannya Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Drs. Eko Subowo, SH, MBA menekankan bahwa batas daerah merupakan batas administratif yg harus dipenuhi untuk pemekaran daerah otonomi yang baru. Demikian juga halnya dalam memekarkan desa dan kecamatan harus mempunyai batas administratif yang jelas yang ditunjukkan dengan titik koordinat dan peta.

Eko juga menekankan untuk segera melaksakan penegasan batas desa sebagai formula dalam alokasi Dana desa.

Ditempat dan waktu yang berbeda, Kadis Komunikasi dan Informatika Humbang Hasundutan, Drs. Hotman Hutasoit menjelaskan kepada media bahwa dengan terbitnya permendagri tapal batas ini, berarti tapal batas Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kabupaten tetangga telah tuntas. “Kabupaten Humbang Hasundutan mekar dari Kabupaten Induk Tapanuli Utara dengan terbitnya UU No 9 Tahun 2003, tapal batas dengan daerah tetangga belum selesai sampai terbitnya Permendagri ini, dan saat ini tapal batas Humbang Hasundutan sudah tuntas.” Ujarnya.

Hotman menambahkan bahwa Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE mengucapkan terimakasih kepada seluruh ‘stake holder’ sehingga tapal batas Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kabupaten tetangga sudah jelas dan tuntas. Dosmar juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Humbang Hasundutan di daerah perbatasan serta kabupaten tetangga yang berbatasan seperti Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Pakpak Bharat. (rel/ ST/ Kominfo)